JeJaK hIDup

Friday, August 24, 2007

Katanya Tuhan itu satu, Tapi kok.....

Tiba-tiba saja saya ingat pertanyaan ponakan saya yang jauh dimakasar sana, sebuah pertanyaan sederhana tapi sempat bingung juga jawabnya. Awalnya pertanyaan itu mencul kerana dua kalimat yang pernah dia dengar dan mungkin sulit dia satukan artinya, ya...umurnya memang belum bisa menjangkau hal-hal yang sulit apalagi penjelasan dengan logika, tapi dengan berusaha menjelaskan dan menjawab dengan seringan mungkin akhirnya dia (Wahyuni Mayfrianti) bisa terima juga (entah itu ayunya ngerti atau karena tambah tidak ngerti), yang jelasnya tantenya ini saat itu berusa menjelaskan dengan baik dan benar (halaaaaaaaaaaaaaa)
*lagi nonton rame-rame dirumah tiba2 dia nanya*

Ayu : "tante, mama sama buguru disekaloah bilang kalau Tuhan itu satu yach???"

Saya: "iya, Tuhan itu memang satu, memangnya kenapa yu??

Ayu: "tapi kenapa di TV tadi ada bacanya Tuhan itu ada dimana-mana?? artinya Tuhan itu banyak dong

Saya: (kaget dan sempat bingung jawabnya gimana), gini lho ayu, Tuhan kita itu memang cuman satu yaitu Allah, dan memang Dia ada dimana-dimana *saya yakin penjelasan sy ini malah membuat dia tambah bingung*

Ayu: "yach kok bisa, kalau tuhan bisa ada dimana-mana artinya tuhan itu banyak, kayak tante sekarang kan ada dirumahnya ayu, jadi pasti tante tidak ada di rumahnya mama nenek,kan tante cuman satu

Saya: *melihat caranya mengeluarkan pendapat, rasanya seneeeng sekali*, Ayu sayang, itulah kehebatan Allah, Dia Tunggal, Tidak beranak dan tidak diperanakkan, tapi karena kehebatannNya Dia bisa menciptakan seluruh dunia dan isinya, termasuk kita manusia...., dan Allah itu yang punya kuasa atas dunia yang kita huni ini, jadinya manusia itu tidak bisa berada didua tempat pada saat bersamaan, kerena yang mampu seperti itu hanya Allah.....dan itulah yang membedakan kita sebagai manusia dengan Allah.*saya kayaknya belum bisa mendapatkan kalimat yang pas tuk membuat dia puas dengan pertanyaannya, dan jawaban saya ini belum pas dengan apa yang dia inginkan*

Ayu: Tapi kok bisa yach Tuhan ada dimana-mana, padahal Dia itu cuman satu, mungkin Tuhan itu bisa ilmu berubah kayak satria baja hitam

Saya: *Mulai lirik kiri kanan, Minta bantuan penjelasan dari bapak/mamanya tapi kayaknya mereka lagi menguji kesabaran saya untuk memberi penjelasan* Ayu, kita manusia itu tidak ada yang tau wujud Tuhan itu bagaimana???, yang pernah tante baca dan dengar Tuhan itu memiliki singgasana atau tempat tinggal yang sangat tinggi, jadi bisa melihat semua ciptaannya termasuk kita manusia, Ayu....Allah itu Maha Kuasa, Maha Kuat..., Maha luas......, coba dech ayu baca asmaul husna, itu 99 kebesaran Allah yang gak mungkin dimiliki manusia (ini kayaknya penjelasan saya yang paling ngaco, anak kelas 1 SD bisa ngerti gak....)

Ayu: Tante..., mungkin Tuhan itu punya banyak pembantu yach....

Saya: *senyum* Tuhan itu gak perlu pembantu karena Dia kan Kuat, tapi Tuhan mempunyai ciptaan yang namanya MALAIKAT, malaikat itu jembatan antara manusia dengan Tuhan...

Ayu: Jadi Tuhan tau yach kalau sekarang kita lagi bicarakan dia

Saya: yu...sesuatu yang tersembunyi saja Tuhan bisa tau, apalagi kalau sudah dikeluarkan. Apa yang ada dalam hati tante, ayu....itu semua Tuhan tau. Niat baik dan buruk yang manusia rencanakan sudah Allah ketahui walau kita tidak ngomong kesiapa-siapa

Ayu: Wah kalau begitu, Tuhan itu hebat.....saya mau berteman dengan Tuhan

Saya: Yu, Tuhan pasti akan bisa berteman dengan ayu, kalau ayu bisa betul2 jadi hamba yang baik, anak yang berbakti yang kelak bisa jadi muslimah.....

Ayu: iya dech tante, saya tidak mau buat mama teriak2 dan marah2 lagi (sambil menguap....)

Saya:.......................Amin, Dengarkan yach Allah keinginan mulianya........*Ternyata menghadapi seorang anak kecil pun kadang sebuah kesabaran teruji. dan dengan 10 ponakan ternyata belum cukup sebagai bekal untuk mencadi calon ibu yang bijaksana dan sabar ....... :) *
posted by Ty at 11:05 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home